Azab Manchester City Setimpal Azab Qarun

Foto: Google.co.id

Kepoh-kepoh (Bogor) – Apakah kalian mengenal Qarun? Ia adalah seseorang yang diazab oleh Allah karena keserakahannya terhadap harta. Cerita Qarun berkaitan erat dengan apa yang dialami Manchester City.

Kita semua tahu, City merupakan tim kaya nan bergelimang harta. Di tahun 2008, investor dari Timur Tengah, Sheikh Mansour, mengguyur City dengan dana besar. Tim sekota Manchester United itu menjelma menjadi tim super dengan koleksi pemain-pemain bintang.

Muat Lebih

Tercatat ada 10 gelar domestik yang digapai City usai menjadi kaya. Beragam kecaman pun muncul. Mulai dari City dikenal dengan membeli gelar hingga julukan ‘Moneychester City’.

Namun, harta dan kejayaan City mendapat cobaan. Belakangan ini, City mendapat hukuman dari UEFA terkait Financial Fair Play (FFP).

Seperti yang diungkapkan oleh Football Leaks bahwa sponsor City yang sebenarnya adalah Abu Dhabi United Group (ADUG). Dalam laporan keuangan City, Etihad memang ditulis membayar sponsorship GBP 67,5 juta (Rp 1,2 triliun). Namun hanya GBP 8 juta (Rp 142,93 miliar) yang benar-benar datang dari Etihad, sisanya adalah duit ADUG.

Oleh karena itu, City seperti disponsori oleh sebuah negara yang punya kekuatan finansial jauh lebih besar ketimbang perusahaan. Ini membuat peta persaingan menjadi tidak adil.

Usai diguyur uang dari Timur Tengah, City menjelma menjadi tim yang menakutkan.

Hukuman untuk City tergolong menyedihkan. Tim yang kini dibesut Pep Guardiola itu tak boleh ikut di kompetisi Eropa selama dua tahun ke depan. City juga harus membayar denda sebanyak 30 juta pounds.

Selain mendapat hukuman dari pihak UEFA, City juga mungkin dihukum oleh federasi lokal atau FA. Pengurangan poin hingga pencopotan gelar masih amat mungkin diterima City.

Selain itu, City juga sangat mungkin ditinggal pemain-pemain bintangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *