Gempa Bumi Dengan Kekuatan 6,3 Magnitudo Di Sekitar Bangkalan Dan Laut Jawa

Kepoh-Kepoh (Bogor) – Gempa dengan kekuatan 6,3 Magnitudo terjadi di Bangkalan, Madura. Gempa terjadi pada hari kamis pukul 04.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB dan sempat dirasakan sampai ke kawasan Pangandaran, Jawa Barat.

Dikutip dari detik.com, sejak awal terjadinya gempa hanya terjadi satu kali gempa susulan. Gempa tersebut memiliki kekuatan di bawah 5 magnitudo.

Muat Lebih

Dalam hal itu, BMKG memonitoring adanya 1 aktifitas gempa susulan (aftershock) dengan besaran M 4,2. Gempa bumi di kedalaman sekitar 641 kilometer itu merupakan jenis gempa bumi dalam. Ada pergerakan di pertemuan kempengan Indo-Austria, dan Eurasia.

Dalam siaran pers di website resmi bmkg.go.id, pihak BMKG menyatakan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dalam, akibat adanya aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia.

Selain Bangkalan, gempa bumi ini ini juga dirasakan di berberapa daerah seperti Trenggalek, Pacitan, Yogyakarta, Kebumen, Cilacap, Pangandaran, Kuta, dan Kuta Selatan. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

BMKG menghimbau kepada masyarakat yang menjadi korban gempa agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa (AR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *