Kerja Sama Antara Kepala BPSDMP Dengan Innovam Belanda, Wujudkan SDM Bidang Otomotif Yang Kompeten

Kepoh-kepoh (Jakarta) – Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) menyepakati kerja sama capacity building untuk SDM transportasi darat khususnya di bidang otomotif.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Letter of Intent (LoI) tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pendidikan dan Pelatihan Otomotif yang ditandatangani oleh Kepala BPSDMP Sugihardjo dengan Leo Fransen, Chief Executive Officer of Innovam Nieuwegein, the Netherlands pada Rabu, 11 Maret 2020 di Kantor BPSDMP Jakarta.

Muat Lebih

Dengan mulai berkembangnya teknologi di dunia otomotif, kesiapan Badan Pengembangan SDM Perhubungan khususnya lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi darat diharapkan dapat beradaptasi dan mengantisipasi terhadap perkembangan teknologi tersebut.

”Untuk itu BPSDM Perhubungan berkerja sama dengan salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan Innovam Nieuwegein dari Belanda untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi darat di lingkungan BPSDM Perhubungan”, ucap Sugihardjo

Innovam Nieuwegein adalah institusi yang independent di bawah pengawasan Ministry of Infastructure and Water Management dan merupakan lembaga pelatihan di sektor otomotif di Belanda yang menyediakan pelatihan, pendidikan serta pengujian untuk seluruh sektor otomotif, nasional maupun internasional.

Sugihardjo mengatakan bahwa hal ini sejalan dengan amanat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang disampaikan dalam berbagai kesempatan bahwa untuk mewujudkan Indosesia sebagai negara maju harus memiliki kualitas dan kapasitas SDM yang mumpuni. Maka dari itu Menhub memberikan tugas kepada seluruh lembaga pendidikan yang berada di lingkungan BPSDM Perhubungan untuk meningkatkan skill, knowledge, dan attitude yang baik.

 “Dalam pelaksanaan kerja sama ini sekolah-sekolah BPSDMP Matra Darat akan melakukan beberapa kegiatan di antaranya pertukaran tenaga pengajar, Magang dan Beasiswa bagi taruna/i, Seminar serta pertukaran informasi terkini pada industri di bidang otomotif”, tutur Sugihardjo.

Lembaga pendidikan transportasi darat di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan yang akan memanfaatkan LoI ini terdiri dari Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) Bekasi, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal dan Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali.

“Karena penekanannya pada bidang otomotif, maka lembaga pendidikan di lingkungan BPSDMP yang akan memanfaatkan LoI ini yaitu PTDI-STTD Bekasi, PKTJ Tegal dan Poltrada Bali”, tutup Sugihardjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *