KUDU TAU..!!! Berapa Lama Harusnya Ayam Disimpan Di Dalam Kulkas

  • Whatsapp

Hidangan ayam panggang atau juga dikenal sebagai ayam rotisserie menjadi pilihan mudah saat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah ayam yang biasanya telah disimpan terlebih dahulu di lemari es.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (AS) atau USDA, pendinginan makanan yang dimasak dengan cara yang tidak tepat menjadi salah satu penyebab paling umum adanya penyakit yang dibawa dari makanan. Ketika suhu internal makanan turun di bawah 140 derajat fahrenheit, bakteri seperti E. coli dan salmonella dapat berkembang.

Ada beberapa tanda ayam panggang Anda mungkin telah memasuki “zona bahaya” dan memiliki potensi mengalami pertumbuhan bakteri. Menurut Christy Brissette, kepala dari 80 Twenty Nutrition, ayam yang dimasak, termasuk ayam panggang akan tetap segar berada di lemari es selama tiga atau empat hari.



Karena itu, pastikan agar suhu lemari es Anda diatur untuk berada dalam suhu 40 derajat fahrenheit atau sekitar 4 derajat celcius atau lebih dingin, agar tidak menjadikannya di zona bahaya. Selain itu, tindakan pencegahan lain yang perlu dilakukan adalah memastikan  ayam yang akan dimasak tahan selama mungkin.

Menurut konsultan keamanan makanan, Jeff Nelken, mulailah dengan memperhatikan cara memilih ayam saat berada di toko. Pilih yang memiliki suhu lebih panas, dibanding yang lebih dingin karena sebenarnya ini adalah tanda di mana ayam sudah mendapatkan suhu yang memadai.

“Biasanya, toko juga akan memiliki penanda yang memberitahu Anda berapa lama produk ayam itu telah ada di sana,” ujar Nelken dilansir dari Reader’s Digest.

Setelah mendapatkan ayam pilihan, pastikan untuk menyimpannya di pendingin. Jangan pernah membawa produk makanan ini lebih dari dua jam di luar ruangan atau Anda juga dapat langsung memasaknya dalam rentang waktu ini.

Muat Lebih


Selain itu, jika memilih untuk menyimpannya terlebih dahulu, pisahkan daging dari tulang juga dapat membantu ayam menjadi lebih cepat dingin. Bagaimana jika tidak bisa mengonsumsi ayam yang telah disimpan dalam tiga hingga empat hari? Pastikan untuk meletakkannya di dalam freezer agar menjadi beku.

Dengan demikian, Anda memiliki waktu hingga enam bulan untuk menyimpannya dengan aman. Saat akan memanaskan ayam yang disimpan dalam keadaan beku itu, pastikan untuk mencapai suhu internal yaitu 165 derajat fahrenheit sebelum dimakan.

Sumber : Republika.co.id